Rabu, 24 April 2013

Cara Mencegah Penyakit Tukak Lambung Berulang

Untuk mencegah dan mengatasi tukak berulang, kita perlu menghentikan kebiasaan buruk yang selama ini menjadi pemicunya, seperti makan tidak disiplin, merokok, minum bersoda dan alkohol. Mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan makan secara teratur, dan jangan lupa berolahraga. hidup pun perlu optimis, dan jangan terlalu banyak fikiran.



  • Makanlah secara disiplin sesuai dengan jadwal. Hindari membuat perut anda tetap kosong dalam waktu lama. santaplah hidangan-hidangan kecil dengan santai.

  • Makanlah buah-buahan dan Sayur yang banyak. Selain baik untuk pencernaan Anda, serat yang dikandungnya dapat membersihkan saluran pencernaan.

  • Hindarilah makanan yang pedas, asam atau berlemak, kalu makanan tersebut tampaknya membuat gejala tukak Anda menjadi buruk. Sebenarnya, tidak peduli apa yang kita makan, lambung akan mengeluarkan asam lambung untuk mencernanya. Semakin banyak yang dimakan, tentulah semakin banyak pula asam lambung yang dikeluarkan. Kalau kita makan lemak, lambung akan mengeluarkan asam yang lebih banyak untuk mencernanya. Itu baik untuk pencernaan, tetapi tidak baik untuk lambung yang luka.

  • Jangan Minum Susu, wallaupun dulu dokter pernah menganggap susu itu dapat meringankan luka lambung. Dari penelitian terbaru diketahui kalsium dalam laktosa (asam lemak susu) dapat meningkatkan sekresi asam di dalam lambung. Gunakan susu skim atau susu berkadar lemak rendah.

  • Batasi makanan yangasam, seperti jeruk, karena dapat menyebabkan rasa perih di saluran pencernaan yang luka. Juga alkohol, kopi, minuman ringan yang mengandung kafein, bila menyebabkan anda meringis karena merasa perih di lambung, sebaiknya dihindarkan. Kalau tidak bisa menghentikannya, batasi kopi, walaupun kopi tanpa kafein karena tetap dapat meningkatkan produksi asam lambung.

  • Minumlah obat antasida yang dijual bebas, Misalnya Promag, Mylanyta atau Polysilane, untyk menetralkan produksi asam lambung berlebihan, ataupun pengaruh obat-obatan yang mengiritasi lambung, dan memperlambat kesembuhan tukak Anda.
Bila muncul gejala tukak lambung yang mencurigakan, datanglah ke dokter, dan patuhi nasihat dokter dengan disiplin.

Semoga Bermanfaat :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar